Profile

Bagian Parasitologi merupakan suatu institusi yang tidak terpisahkan dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, senantiasa mengembangkan diri yang memanfaatkan sarana, prasarana dan sumber daya manusia yang ada sebagai upaya dalam penanganan dan pencegahan penyakit parasiter serta pengembangan kapasitas institusi akademik yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Visi

Mewujudkan laboratorium unggulan di bidang parasitologi veteriner menuju masyarakat Indonesia yang sehat, produktif dan kreatif yang berbasis pada sumberdaya lokal.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang parasitologi pada hewan, ternak, satwa liar, ikan dan parasit zoonosis.
Memberdayakan potensi staf pengajar di bidang Parasitologi dan bidang-bidang terkait yang berkaitan diagnosa penyakit parasiter.
Mengoptimalkan sarana dan prasarana laboratorium bagi penyelanggaraan Tri Dharma perguruan tinggi.
Menciptakan peluang kerjasama, ekonomi dan pengembangan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Melestarikan dan memanfaatkan sumberdaya alam yang berguna dalam mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Tujuan

Menyelanggarakan pendidikan, penelitian, pelatihan, seminar dan kursus di bidang parasitologi pada hewan, ternak, satwaliar dan ikan.
Menyelanggarakan pelayanan bagi mahasiswa dan masyarakat di bidang jasa diagnosa parasiter pada hewan, ternak, satwaliar dan ikan.
Memfasilitasi bidang-bidang terkait untuk dapat bekerjasama dengan melibatkan pihak pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.
Pengabdian Masyarakat

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Bagian Parasitologi berupa pelayanan diagnosis, penyuluhan-penyuluhan dan pengobatan terhadap penyakit parasiter. Dalam pelakasanaan aktivitas tersebut melibatkan mahasiswa sasaran pengabdian masyarakat ditujukan kepada masyarakat petani, peternak dan berbagai institusi yang terkait dengan kehewanan dan peternak di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Unit Layanan Masyarakat

Sebagai salah satu laboratorium yang tergabung dalam Laboratorium Diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Bagian Parasitologi membuka layanan kepada mahasiswa, peneliti, instansi, industri peternakan dan masyarakat umum yang akan memeriksakan sampel-sampel feses, urin, eksudat, darah, kerokan kulit dan sebagainya terhadap kemungkinan infeksi dan infestasi parasit pada hewan, ternak dan ikan. Informasi mengenai layanan masyarakat ini senantiasa dilakukan sebagai bentuk aplikasi hasil-hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Banyak masyarakat pengguna jasa layanan ini datang dan memanfaatkan layanan ini, terkait dengan penyakit-penyakit parasit pada hewan kesayangan, ternak besar dan kecil, hewan eksotik, satwa akuatik dan ikan. Bagian Parasitologi senantiasa membantu dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai data-data penyakit yang aktual, baik penyakit parasit yang bersifat patogen, non patogen hingga yang bersifat zoonosis melalui penyuluhan langsung, papan informasi, media masa cetak dan elektronik.

Kerjasama
Bagian Parasitologi baik secara individual maupun institusional memiliki kerjasama dengan institusi-institusi yang ada di dalam negeri maupun institusi-institusi di luar negeri. Kerjasama tersebut meliputi berbagai bidang penelitian parasiter maupun bidang konsentrasi sumber daya alam.

Leave a comment